Pengertian Dan Fungsi framework Bootstrap

Apa itu framework bootsrtap? Bootstrap merupakan suatu library framework CSS yang dikembangkan khusus untuk bagian pengembangan front-end website. Bootstrap juga merupakan salah satu framework HTML, CSS dan javascript yang sangat populer di para  web developer yang dibangun untuk mengembangkan sebuah website yang responsive. Sehingga halaman website nantinya dapat menyesuaikan  dengan ukuran monitor device (desktop, tablet, ponsel ) yang dipakai user disaat mengakses website dari browser. Pada mulanya bootstrap bernama "Twitter Blueprint" yang dikembankan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal.









Dengan menggunak Bootstrap seorang developer dapat dengan mudah dan cepat dalam membuat front-end suatu website. Anda hanya perlu memanggil class-class yang diperlukan, membuat tombol, grid, tabel, navigasi dan lainnya. Bootsrap sudah menyediakan kumpulan komponen class interface dasar yang telah diolah sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah tampilan yang menarik dan ringan. Selain komponen class interface, bootsrap juga mempunyai  grid yang berfungsi untuk mengatur layout pada halaman website. Selain itu pengembang juga bisa menambahkan class dan CSS tambahan sendiri, sehingga memungkinkan untuk membuat desain yang lebih variatif. Salah satu contoh website yang memakai framework bootsrap adalah twitter. Bootstrap sendiri sebenarnya dikembangkan oleh developer twitter sehingga bootsrap sering juga dikenal dengan “ twitter bootsrap “.

Untuk Apa itu bootstrap?

Bootstrap adalah framework untuk membuat desain web secara responsif. Artinya, tampilan web yang dibuat oleh bootstrap bisa menyesuaikan ukuran layar dari browser yang kita pakai baik di desktop, tablet ataupun mobile device. Fitur ini juga bisa diaktifkan ataupun dinon-aktifkan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sehingga, kita bisa membuat web untuk tampilan desktop saja dan apabila dirender oleh mobile browser maka tampilan dari web yang kita buat tidak bisa beradaptasi sesuai layar. Dengan bootstrap kita juga bisa membangun web yang dinamis maupun statis.

Bootstrap sendiri sudah kompatibel dengan versi terbaru dari beberapa browser seperti google chrome, firefox, internet explorer, dan safari browser. Meskipun beberapa browser ini tidak didukung pada semua platform.

Beberapa alasan mengapa saat ini  cukup banyak pengembang yang menggunakan Bootstrap ketika membuat front-end website, yaitu karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Bootstrap itu sendiri yang antara lain:
  • bisa mempercepat waktu proses pembuatan front-end website
  • Tampilan bootstrap yang sudah cukup terlihat modern.Tampilan Bootsrap sudah responsive,sehingga mendukung segala jenis resolusi, baik itu PC, tablet, dan juga smartphone.
  • Website menjadi Sangat ringan ketika diakses, karena bootsrap dibuat dengan sangat terstruktur.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi framework Bootstrap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel