Pengertian PHP

Apa Itu PHP?

PHP merupakan secara umum dikenal sebagai bahasa pemrograman script script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML.dikenal juga sebagai bahasa pemrograman server side

Baca juga: pengertian dan fungsi framework bootstrap
Dengan menggunakan PHP maka maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah.Proses update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP.

PHP/FI merupakan nama awal dari PHP. PHP Personal Home Page, FI adalah Form Interface.Dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdoff. PHP, awalnya merupakan program CGI yang dikhususkan untuk menerima input melalui form yang ditampilkan dalam browser web. Software ini disebarkan dan dilisensikan sebagai perangkat lunak Open Source

pengertian php
Integrasi PHP dengan server web dilakukan dengan teknik CGI, FastCGI dan modul server web. Teknik CGI dan FastCGI memisahkan antara server web dan PHP;sedangkan modul server web menjadi PHP sebagai bagian dari server web.


Kini, PHP adalah kependekan dari PHP:HyperText Preprocessor (rekursif, mengikut gaya penamaan di "nix), merupakan bahasa utama script server- side yang disisipkan pada HTML yang dijalankan di server, dan jugabisa digunakan untuk membuat aplikasi desktop

CGI,FastCGI dan Modul Server Web

CGI (Common Gateway Interface) adalah suatu standar yang menghubungkan (interface) aplikasi eksternal dengan server web. PHP merupakan salah satu aplikasi eksternal yang bisa digunakan oleh server web, sehingga server web tidak sekedar untuk memberikan layanan dokumen HTML saja; tetapi bisa juga menjadi program yang menerima masukan dari luar dan memberikan luaran yang berasal dari database atau pun sumber data lainnya menjadi dokumen HTML.

FastCGI adalah standar baru yang menambah dan meningkatkan kemampuan dari program CGI. FastCGI merupakan standar terbuka yang telah mulai banyak digunakan oleh server web komersial dan opensource. CGI akan dieksekusi setiap kali program CGI dipanggil, jika telah selesai dieksekusi, maka CGI langsung dihapus dari memori. FastCGI akan terus berada di dalam memori, sampai dengan ada perintah yang secara eksplisit untuk menutup atau menghentikan programnya; sehingga FastCGI akan lebih cepat untuk melayani suatu permintaan. Dan salah satu keunggulan dari FastCGI adalah, FastCGI bisa berada pada komputer yang berbeda dengan server webnya. CGI harus disimpan pada komputer yang sama dengan server web

Modul server web merupakan suatu standar yang mengintegrasikan aplikasi luar menjadi bagian dari server web. PHP merupakan salah satu program yang bisa dijadikan sebagai modul dari server web. Tidak semua program CGI dibuatkan menjadi modul untuk server web, dan tidak semua server web menyediakan slot untuk ditambahi modul server web dari luar. Modul server ini dikenal dengan ISAPI (Internet Server Application Programming Interface) jika di Windows, NSAPI (Netscape Server Application Programming Interface) jika di lingkungan server web dari Netscape, dan yang lebih umum dikenal sebagai SAPI (Server Application Programming Interface)

Kemampuan PHP

PHP secara mendasar dapat mengerjakan semua yang dapat dikerjakanoleh program CGI (Common Gateway Inteface), seperti mendapatkan data dari form, menghasilkan isi halaman web yang dinamik, dan menerima cookies. CGI adalah spesifikasi standar modul yang ditambahkan kepada server web, agar server web dapat memiliki kemampuan untuk dapat memberikan layanan yang interaktif, tidak sekedar melayani permintaan dokumen web (HTML) saja. 

PHP telah dikembangkan juga menjadi bahasa pemrograman script yang dapat dijalankan di atas platform sistem operasi secara langsung; atau bahasa pemrograman shell jika di lingkungnan *nix/Linux. PHP dapat digunakan juga untuk membuat program desktop. Kini, pemrogram tidak harus mempelajari bahasa pemrograman lain, untuk membuat aplikasi desktop, karena PHP juga telah dapat digunakan dan dieksekusi dari desktop. PHP CLI (Command Line Interface) adalah istilah untuk PHP yang dapat dieksekusi dari sistem operasi. 


Antarmuka pemakai (user interface) dari aplikasi yang dibuat dengan menggunakan PHP CLI, pada dasarnya adalah menggunakan mode teks Kita dapat menggunakan GTK+ agar aplikasi memiliki antarmuka untuk pemakainya secara grafik (graphical user interface)


Kemampuan (feature) PHP yang paling diandalkan dan signifikan adalah dukugan kepada banyak database. Membuat halaman web yang menggunakan data dari database dengan sangat mudah dapat dilakuka.Berikut adalah daftar database yang didukung oleh PHP.
• Adabas D
• dBase
• Empress
• FilePro
• FrontBase
• Hyperwave
• IBM DB2
• Informix
• Ingres
• Interbase
• MSQL
• Direct MS SQL
• MySQL
• ODBC
• Oracle (OCI7 dan OCI8)
• Ovrimos
• PostgresSQL
• Solid
• SQLite
• Sybase
• Velocis
• Unix DBM

PHP juga mendukung untuk berkomunikasi dengan layanan lain menggunakan protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, dan lainnya yang tidak terhitung. Pemrogram juga dapat membuka soket jaringan secara mentah dan berinteraksi dengan menggunakan protokol lainnya.


PHP telah menjadi salah satu bahasa pemrograman untuk pembuatan aplikasi yang lengkap untuk pembuatan laporan, tidak sekedar untuk pengelolaan data saja. Fungsi untuk pembuatan laporan yang disediakan adalah untuk menghasilkan laporan dalam format PDF atau pun Excel, selain tentunya dalam bentuk file teks. 


Aplikasi untuk pembuatan grafik (chart) dari hasil suatu proses statistik atau sekedar memvisualkan data juga telah tersedia. Semuanya dibuat dengan menggunakan librari yang disediakan oleh PHP dan komunitas pengembangnya.

0 Response to "Pengertian PHP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel